3 Alasan Pentingnya Menjaga Kebersihan Pintu Kaca

Ada banyak cara untuk membuat rumah terasa nyaman sekaligus indah dipandang. Selain memikirkan sisi eksterior, merancang interior juga tidak kalah pentingnya. Kesan pertama memang didapat dari segi eksterior, mulai dari bentuk rumah hingga pemilihan warna cat. Namun begitu memasuki rumah, sebisa mungkin memberikan kesan yang baik terhadap tamu. Itulah sebabnya pemilihan perabotan seperti pintu aluminium kamar mandi, meja ruang tamu, hingga warna di setiap ruangan. Ada orang-orang yang memberikan warna berbeda pada masing-masing ruangan, tetapi ada pula yang menggunakan satu warna namun tetap memberikan kesan yang menarik.

Penggunaan Pintu Kaca Sebagai Aksesoris Interior Rumah

Seiring dengan perkembangan zaman, orang-orang mulai mengeksplorasi banyak hal untuk memperindah bagian dalam rumah. Mulai dari menggunakan barang-barang bekas, perabotan kayu, hingga menggunakan kaca pada pintu maupun jendela. Dahulu kaca hanya digunakan sebagai aksesoris minor, artinya tidak memiliki peran besar terhadap interior rumah. Sebagai contoh, hanya digunakan untuk jendela yang berukuran minimalis. Namun kini bisa dilihat, penggunaan kaca sebagai interior semakin banyak. Ada pintu kaca aluminium, pembatas ruangan yang terbuat dari kaca, hingga jendela berukuran full.

Ada berbagai kaca yang dapat diaplikasikan pada interior rumah, seperti kaca berwarna, kaca bening, glass block, kaca laminasi, tempered glass, dan lain-lain. Sementara kaca dinding yang dipakai ada 3 macam, yaitu transparan, semi transparan, dan reflektif. Keuntungan menggunakan kaca sebagai interior rumah adalah mengurangi konsumsi listrik karena cahaya matahari dapat menembus ke dalam rumah. Selain itu, pemandangan di luar rumah bisa dinikmati dari dalam. Bagi yang tinggal di perkotaan, kaca bersifat kedap suara, jadi mampu meredam kebisingan di luar rumah.

Pentingnya Merawat Kebersihan Pintu Kaca Rumah

Memilih perabotan yang unik tidak cukup sebagai syarat rumah yang nyaman. Perabotan tersebut harus selalu dibersihkan secara teratur, termasuk pintu kaca aluminium. Membersihkan bagian rumah adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan, sebab akan mempengaruhi kesehatan penghuninya.

Lantas bagaimana dengan kebersihan pintu kaca rumah?

Tentu saja hal ini juga tidak bisa diabaikan. Memiliki pintu kaca artinya harus dibersihkan secara teratur? Mengapa? Kaca adalah bahan yang rentan ditempeli debu. Apalagi bagi rumah yang memiliki sirkulasi udara yang lebar serta angin yang cukup kencang, bukan tidak mungkin bila bahan kaca mudah ditempeli sesuatu. Berikut ini adalah poin-poin penting mengapa kaca pintu harus dibersihkan secara teratur:

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pernafasan

Apa hubungannya dengan sistem pernafasan? Debu yang tidak segera dibersihkan akan membuat sistem pernapasan terganggu. Terkadang debu memang tidak tampak di mata, tetapi karena tidak tampak itulah yang membuat Anda tak tahu seberapa banyak debu yang menempel pada kaca. Bagi anggota yang memiliki saluran pernafasan sensitif biasanya langsung bersin-bersin, infeksi tenggorokan, hingga sesak nafas.

2. Iritasi Kulit

Percayakah Anda bahwa debu yang menempel pada kaca pintu dapat mengakibatkan iritasi kulit? Pintu kaca aluminium adalah salah satu perabotan yang paling sering bersentuhan dengan tangan. Bagi anggota keluarga yang memiliki alergi debu, bisa berakibat iritasi kulit. Itulah sebabnya pintu kaca harus dibersihkan secara teratur.

3. Mengurangi Keindahan Interior

Debu yang bertumpuk pada pintu kaca sudah pasti akan mengurangi keindahan interior rumah Anda. Pintu kaca akan menjadi buram dan tidak nyaman dipandang. Belum lagi debu dapat mengganggu pemandangan yang terbentang di luar rumah. Hal ini akan mengurangi kenyamanan Anda sebagai penghuni rumah maupun tamu yang berkunjung.

Itulah pentingnya merawat pintu kaca dari segi kebersihan. Merawatnya pun mudah, cukup gunakan kain yang lembut serta cairan khusus untuk membersihkan kaca. Jangan gunakan air biasa karena debu akan menempel lagi dengan mudah. Cairan khusus membersihkan kaca biasanya memiliki kandungan tertentu untuk mengurangi debu yang menempel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *