Penyebab dan Bahaya Genangan Air Di Lantai

Awas Ini Penyebab dan Bahaya Genangan Air Di Lantai

Rumah memang menjadi salah satu tempat yang sangat menjadi favorit bagi siapa pun. Hal ini karena rumah menjadi salah satunya tempat untuk beristirahat, berlindung dari dingin dan panasnya cuaca dan sebagainya. Oleh karena itu, hampir sebagian besar orang membangun rumah impian mereka sebagus dan senyaman mungkin. Mereka akan menghias atau mendekorasi rumah mereka sebagus mungkin dan senyaman mungkin.

Dalam membangun sebuah rumah tentu saja ada beberapa hal yang  perlu diperhatikan. Anda harus memperhatikan setiap detail dari rumah anda supaya nampak bagus dan menarik. Meskipun demikian, masih ada saja beberapa masalah yang terjadi pada rumah anda. Salah satunya adalah adanya rembesan atau genangan air pada tembok dan lantai. Hal ini tentu saja akan sangat menganggu dan mengurangi kenyamanan rumah anda.

Penyebab Genangan di Lantai

Lantai menjadi salah satu tempat yang vital dalam sebuah rumah. Kita sering menggunakan lantai sebagai tempat untuk duduk dan bersantai. Namun, apa yang terjadi jika ada genangan di lantai rumah?

Penyebab adanya genangan pada lantai rumah disebabkan  berbagai macam hal berikut ini, yaitu:

1. Kurang Rapatnya Perekat Pada Lantai

Pada saat pemasangan keramik pada lantai tentu saja dibutuhkan sebuah alat yang berupa perekat untuk merekatkan lantai dengan tanah. Karena berhubungan langsung dengan tanah, maka diperlukan perekat yang sangat kuat. Jika tidak maka akan membuat lantai lama-kelamaan akan cepat rusak dan bisa terjadi genangan air juga di lantai. Oleh karena itu, anda harus memilih harderner atau penguat yang berkualitas. Di toko material sudah banyak dijual hardener dengan harga floor hardener yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kantong anda

2. Curah Hujan yang Terlalu Tinggi

Genangan atau rembesan air di lantai sering terjadi ketika musim hujan datang. Apalagi jika curah hujan sangat tinggi maka sering sekali terjadi genangan air. Jadi anda harus waspada. Agar terhindar dari genangan air, anda bisa melapisi lantai anda dengan cat atau perekat waterproof. Dengan begitu, air pada tanah tidak akan mudah naik dan diserap oleh lantai.

Bahaya Genangan Air di Lantai

Setelah mengetahui mengenai apa saja penyebab dari genangan air di lantai, maka saat anda tahu mengenai apa saja sih bahaya jika terjadi genangan air di laintai.

Memang selain membuat rumah tidak nyaman, genangan air di lantai ini juga bisa menyebabkan berbagai macam bahaya. Apa saja? Berikut ini adalah penjelasannya ya.

1. Lantai Mudah Rusak

Apabila lantai sering mengalami rembesan atau genangan pada air maka jika dibiarkan dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kerusakan yang fatal pada lantai anda. Misalnya saja, lantai akan pecah atau retak dan juga akan menyebabkan perubahan warna pada lantai rumah anda menjadi pudar dan kurang menarik

2. Lantai Banyak di Tumbuhi Jamur

Jika lantai sering menggenang, maka kondisi lantai akan menjadi lembab. Kondisi lembab pada lantai ini akan menyebabkan tumbuhnya jamur di lantai. Jamur ini bisa menjadi sarang kuman yang berbahaya.

3. Berbahaya Bagi Kesehatan

Pada dasarnya ada beberapa aktivitas yang sering kita semua lakukan di lantai. Jika lantai banyak jamur karena sering terjadi genangan, maka jamur tersebut akan membawa banyak penyakit ke tubuh jika anda mengalami kontak langsung dengan lantai

4. Menimbulkan Bau yang Kurang Sedap

Bahaya terakhir dari lantai yang menggenang adalah adanya bau yang kurang sedap. Hal ini tentu saja akan menimbulkan rasa kurang nyaman ketika berada di luar rumah.

Nah, jika anda ingin terhidar dari bahaya genangan air di lantai, maka sebaiknya anda mulai menggunakan floor hardener. Harga floor hardener sika ini sangat murah terjangkau dan banyak ditemui di toko material.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *