Bagian Rumah Yang Cocok Memakai Bahan GRC

Yuk Kenali Bagian Rumah Yang Cocok Memakai Bahan GRC

Seiring kemajuan teknologi, material konstruksi bangunan pun terus berkembang. Banyak material-material sintetis yang tentunya lebih efektif dan efisien bermunculan. Salah satunya adalah material GRC. GRC merupakan singkatan dari Glass-fiber Reinforced Cement. Sesuai namanya, material ini terbuat dari campuran semen dengan serat kaca serta bahan-bahan lainnya seperti pasir halus, agregat, polimer akrilik dan air.

Material ini memiliki kesamaan dengan beton karena bahan dasarnya yang mirip. Hanya saja GRC tidak menggunakan tulang baja di bagian dalamnya seperti beton pada umumnya, melainkan menggunakan serat kaca. Hal ini membuat GRC jauh lebih ringan dari beton, namun tetap memiliki kualitas kekuatan dan ketahanan yang hampir sama.

Umumnya material GRC ini dijual dalam bentuk papan yang dikenal dengan nama GRC board. Material yang satu ini sering kali digunakan oleh banyak orang karena berbagai keunggulan yang ditawarkan. GRC dapat berfungsi sebagai insulasi suara dan panas. Selain itu material ini juga tahan terhadap air dan api, sehingga material ini pun dapat membuat rumah Anda lebih aman dan terlindungi jika terjadi bencana. Karena terbuat dari semen, GRC tidak akan dihinggapi rayap dan jamur. Hal itu membuat material ini lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan material bangunan lainnya.

GRC pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1960-an. GRC sangat cocok digunakan untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia, karena material ini cukup kuat saat dihadapkan dengan cuaca ekstrem. Anda juga tidak usah khawatir material bangunan ini akan menguras dompet Anda, karena harga GRC termasuk cukup terjangkau. Untuk papan GRC berukuran 1,2 x 2,4 meter dengan ketebalan 4 milimeter dijual dengan harga sekitar 57 ribu rupiah.

3 Inspirasi Penggunaan GRC Untuk Rumah Anda

Awalnya bahan GRC digunakan sebagai pelapis eksterior. Namun kini, GRC sudah bisa diolah menjadi berbagai bentuk yang menarik dan bisa memperindah dekorasi rumah Anda. Berikut ini adalah beberapa inspirasi penggunaan GRC untuk mempercantik hunian Anda:

1. Plafon

Bagian Rumah Yang Cocok Memakai Bahan GRC

Dalam memilih plafon, Anda tidak bisa memilih sembarang material. Anda harus memilih material plafon yang kuat dan bisa melindungi rumah dengan maksimal. GRC bisa menjadi salah satu pilihan utama untuk plafon rumah Anda. Bahan GRC telah terbukti tahan terhadap air, maka Anda tidak perlu takut rumah Anda bocor saat musim hujan tiba. Bahan ini juga tahan benturan, sehingga plafon ini tidak mudah rusak. Plafon GRC juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan material kayu seperti layaknya plafon triplek. Hal ini tentu saja turut meminimalkan penggunaan kayu dan dapat mengurangi penebangan pohon. Karena bahan ini kedap suara, maka plafon GRC sangat cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan ketenangan di rumah Anda.

2. Partisi Ruangan

Bagian Rumah Yang Cocok Memakai Bahan GRC

Rumah yang minimalis memang cukup digemari akhir-akhir ini. Walaupun dengan lahan yang tidak terlalu luas, tetapi rumah dengan desain minimalis bisa memanfaatkan lahan yang terbatas menjadi lebih maksimal. Salah satu jenis interior yang sering ditemui pada desain rumah minimalis adalah partisi. Dengan menggunakan partisi GRC maka Anda bisa dengan mudah membuat ruang tambahan di rumah Anda. Tingkat fleksibilitas material GRC yang tinggi membuat partisi berbahan GRC dapat dibentuk menjadi pola-pola atau motif-motif cantik yang bisa menambah nilai estetika ruangan di rumah Anda.

3. Lantai

Bagian Rumah Yang Cocok Memakai Bahan GRC

Selain sebagai bahan untuk membuat plafon dan partisi GRC, bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk lantai rumah. GRC dipilih sebagai bahan pembuat lantai karena praktis dan konstruksinya yang relatif ringan. Model GRC yang dipakai biasanya adalah GRC panel. Untuk lantai, Anda juga bisa memilih panel GRC yang memiliki tekstur motif, seperti misalnya motif kayu. Dengan menggunakan panel GRC bermotif, maka lantai rumah Anda bisa terlihat jauh lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *