Cara Memperkuat Struktur Lantai Gudang

Cara Memperkuat Struktur Lantai Gudang

Gudang merupakan salah satu bagian terpenting dalam suatu bisnis maupun industri. Maka tidak mengherankan jika desain dan mutu dari bangunan gudang keseluruhan selalu dipertimbangkan secara matang. Seperti umumnya bangunan gedung juga tersusun atas atap, dinding dan lantai. Ketiga bagian itu harus kuat, serta terlihat bersih. Khususnya bagian lantai gudang.

Ketahanan dan Kekuatan Lantai Gudang Dengan Floor Hardener

Lantai untuk gudang, harus didesain sesuai dengan standart yang tinggi. Salah sedikit saja dalam menentukan bahan baku dan teknik membangunnya. Keselamatan kerja akan mengalami ancaman. Yang lebih parahnya lagi, anggaran untuk membenahi bagian lantai rusak, sudah dipastikan tinggi atau membengkak. Karena umumnya pergudangan mempunyai lantai yang terbuat dari beton.

Supaya daya tahan lantai terjaga kontraktor biasanya menyarankan untuk menggunakan floor hardener. Metode yang satu ini dikhususkan untuk mencegah keretakan lantai, bebas dari debu, kotoran, lemak, dan cairan, tidak akan mudah terjadi rembesan, anti selip, daya tahannya mencapai puluhan tahun. Dalam pengerjaannya dilakukan oleh tenaga profesional, berpengalaman dan terlatih.

Anda juga tidak perlu khawatir, soal harga floor hardener sangat terjangkau. Apalagi jika Anda memilih yang biasa digunkan yaitu natural. Dijamin sangat aman untuk rekening. Bahan pembentuknya berupa semen+pasir silika+emery. Warna hanya terdiri dari satu jenis, yang mendekati warna dari bahan dasar lantai beton. Gudang Anda pasti akan terjamin penampakannya. Sangat bersih dan berkilau, taham lama.

Kontraktor umumnya menguatkan lantai gudang dengan floor hardener, pasti memakai ukuran. Ukuran tersebut dianalisa berdasarkan lalu lintas pada gudang. Hal ini sangat penting untuk menentukan berapa kg bahan untuk setiap meter perseginya. Sehingga tidak ada sedikitpun bahan terbuang.

Bicara tentang lalu lintas ini, yakni seberapa sering frekuensi beban berat berlalu lalang di atas lantai gudang. Semakin sering beban berat lewat, maka bahan pengeras lantai beton harus diperbanyak. Tambahan beban yang terus-menerus menimpa, akan berakibat pada kelenturan beton. Rawan akan perenggangan, yang mana pori-pori besar bisa tumbuh subur. Inilah menjadi asal muasal masalah lantai muncul.

Ketepatan takaran bahan, akan berimbas pada penampakkan lantai berikutnya. Pembuatan lantai yang kokoh dan kuat membutuhkan proses yang tidak sebentar. Banyak tahapan dilalui untuk mendapatkan perlindungan maksimal pada lantai beton. Kuatnya beton belum tentu kuat selamanya, ada periode singkatnya. Ditambah lagi untuk desain gudang, ini cukup riskan lagi. Banyak kejadian sebelum usia normal ketahanannya, lantai beton banyak terlihat bermasalah.

Kontraktor akan menggunakan tahapan pasti seperti: tahap setting lantai beton dengan melakukan perataan pada setiap sisi lantai. Setelah diketahui semua sisi telah rata dengan sempurna. Langkah selanjutnya bahan pengeras bisa ditaburkan merata. Diamkan selama beberapa waktu, sampai diketahui lantai beton dan bahan pengeras melekat sempurna. Setelah itu pekerja akan menyempurnakan tampilan dengan mesin trowel. Walaupun sudah disempurnakan dengan trowel. Lantai harus dibiarkan mengering dengan benar sampai 28 hari.

Sekarang setelah hari ke 28, bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Meskipun lantai gudang milik Anda telah kokoh. Anda tetap harus merawatnya. Kesalahan sederhana dapat memperpendek usia pengeras tersebut. Usahakan tetap terjaga kapasitas beban di atas lantai sesuai normalnya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memakai jasa kontraktor terbaik dan berpengalaman. Mereka tidak hanya membuat pekerjaan sempurna, namun berbagai tips untuk merawat lantai pada area penyimpanan akan dijelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *