Cara Merawat Glassboard

4 Cara Mudah Merawat Glassboard Agar Awet dan Terjaga Kualitasnya

Glassboard atau yang sering disebut dengan papan tulis kaca merupakan alat yang digunakan sebagai sarana dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Namun dengan kualitasnya yang sangat baik, kini telah banyak digunakan juga pada ruangan-ruangan meeting di area perkantoran. Papan tulis ini sangat digemari karena dinilai memiliki banyak keunggulan dan keuntungan daripada jenis papan tulis lainnya.

Harga papan tulis kaca juga dibanderol dengan terjangkau sehingga semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang yang menggunakannya. Namun, meski kualitasnya sudah terbukti, papan tulis berbahan kaca juga perlu dilakukan perawatan seperti halnya papan tulis lain berbahan kayu. Hal ini diperlukan agar papan tulis selalu awet dan terjaga kualitasnya. Dalam melakukan perawatannya pun tidaklah sulit, yuk intip caranya di bawah ini!

Merawat Glassboard Agar Awet dan Terjaga Kualitasnya

1. Melakukan Pembersihan Secara Rutin

Sama seperti material lain pada umumnya, glassboard harus dibersihkan secara rutin. Bila perlu bersihkan papan tulis kaca ini setiap hari setelah selesai digunakan. Hal ini sangat diperlukan dalam merawatnya agar noda bekas tulisan di atas permukaannya tidak menempel. Bahayanya, jika permukaan kacanya dibiarkan kotor dalam jangka waktu yang lama maka akan memicu timbulnya kerak yang sulit untuk dihilangkan. Dalam melakukan pembersihan, gunakanlah cairan pembersih khusus kaca yang berkualitas serta alat-alat yang aman dan bertekstur lembut sehingga permukaannya tidak akan rusak atau tergores.

2. Hindari dari Suhu yang Ekstrem

Untuk merawat glassboard agar selalu awet dan terjaga kualitasnya, maka Anda harus menghindarkannya dari suhu yang ekstrem. Suhu dingin atau panas yang memiliki temperatur tinggi semakin lama akan membuat material kaca mengalami kerusakan, biasanya kaca akan mengalami retak yang cukup parah hingga membuatnya pecah. Jika diletakan di dalam ruangan yang memiliki mesin pendingin alias AC, maka aturlah temperatur suhunya agar stabil dan tidak terlalu ekstrem.

3. Jangan Menempelkan Lem Atau Jenis Perekat Diatas Permukaannya

Harga papan tulis kaca dibanderol dengan terjangkau bahkan tidak terlalu jauh dengan harga papan tulis yang terbuat dari bahan kayu. Pada hakikatnya, fungsi glassboard pun sama seperti papan tulis pada umumnya. Namun ada hal yang tidak boleh dilakukan dalam penggunaan papan tulis berbahan kaca, jika biasanya papan tulis kayu sering ditempelkan dengan berbagai kertas yang dipasang menggunakan lem maka sebaiknya hal itu jangan dilakukan pada papan tulis berbahan kaca. Kaca merupakan material yang memiliki tekstur padat dan juga kesat, adanya perekat seperti lem terkadang akan mengotori permukaannya hingga menempel begitu rekat dan sulit untuk dihilangkan. Agar kualitasnya tetap terjaga, maka jangan sekalipun menempelkan material perekat di atas permukaannya. Sebagai alternatif, Anda bisa menempelkan kertas di atas papan kaca dengan menggunakan magnet.

4. Jaga Glassboard dari Tekanan dan Benturan

Seperti yang kita ketahui, kaca merupakan material yang sangat rentan untuk terjadi kerusakan. Apabila tertimpa beban yang berat maka kaca akan beresiko mengalami retak hingga pecah. Untuk menghindari hal tersebut, maka jagalah glassboard dengan baik dari segala tekanan dan juga benturan. Dalam menggunakannya, lakukan secara perlahan tanpa harus ditekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *