Ukuran Vertical Blind

Cari Tahu Ukuran Ideal Untuk Vertical Blind

Jendela memainkan peran penting dalam sebuah bangunan. Tanpa jendela cahaya matahari tidak bisa bebas keluar-masuk, demikian pula dengan sirkulasi udara. Jika intensitas cahaya serta fungsi sirkulasi udara terganggu selain membuat ruangan terasa lebih sesak dan panas, hal ini juga bisa berdampak pada ketidaknyamanan para penghuninya. Untuk itu jendela adalah bagian wajib yang harus ada setelah pintu. Namun keberadaan jendela kerap kali membuat dilema. Karena sifat kaca yang tembus pandang sebagian orang merasa terganggu akan privasi mereka yang terlihat dari luar ruangan. Sehingga jendela membutuhkan aksesoris tambahan seperti gorden atau vertical blind.

Vertical Blind, Solusi Terjaganya Privasi Ruangan

Untuk melindungi privasi ruangan yang terekspos melalui jendela Anda dapat menggunakan beberapa jenis penutup. Misalnya tirai bambu, gorden berbahan kain atau roller blind yang dapat dibuka-tutup manual maupun otomatis. Ketiganya dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan selera. Namun jika menginginkan kesan simple, elegan dan mewah tidak ada salahnya Anda melirik salah satu tipe roller blind yang satu ini.

Vertical blind adalah salah satu jenis tirai penutup jendela yang terdiri dari beberapa kisi dan disusun secara vertikal. Jenis tirai yang satu ini dapat digunakan secara manual atau pun otomatis. Biasanya terdapat tuas untuk membuka dan menutup tirai di salah satu sisi. Tirai dengan salur searah vertikal ini memberik kemudahan bagi cahaya untuk masuk tanpa mengekspos keseluruhan ruangan. Sehingga meskipun Anda memasang tirai dalam keadaan menutupi jendela di siang hari, ruangan tidak akan menjadi gelap total.

Jika Anda tertarik menggunakan tirai yang satu ini, Anda bisa mendapatkan berbagai motif, ukuran serta harga vertical blind yang bersaing. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui ukuran tirai yang pas dengan ruangan Anda.

Ukuran Vertical Blind Yang Tepat Untuk Ruanganmu

Hadir dalam berbagai ukuran serta pilihan warna membuat Anda bebas menentukan pilihan yang sesuai dengan konsep rumah Anda. Penggunaan tirai ini pun tidak sebatas pada jendela saja. Beberapa bangunan yang memiliki sisi dinding full kaca tanpa akses buka tutup pun dapat menggunakan tirai vertikal ini. Termasuk halnya bank, kantor dan rumah sakit memanfaatkan tirai vertikal untuk menutupi area yang dianggap harus terjaga privasinya.

Setiap kisi pada vertical blind memiliki ukuran yang berbeda. Yang paling diminati adalah kisi yang memiliki lebar mulai dari 10 cm sampai 15 cm untuk penggunaan indoor. Sementara untuk penggunaan outdoor seperti pendopoan dan teras villa ukuran kisi lebih besar mampu memberikan kesan yang lebih elegan. Lebarnya berkisar 15 cm sampai 20 cm. Sejumlah restoran yang mengusung konsep outdoor pun menggunakan ukuran yang lebih besar untuk menutupi separuh tinggi bangunan dari sinar matahari.

Sementara tinggi vertical blind lebih beragam bergantung dengan model jendela atau sisi bangunan yang hendak ditutup. Misalnya seperti jendela rumah minimalis yang memiliki ukuran 1.5 m sampai 2 m, maka tirai dapat mengikuti ukuran jendela. Sementara rumah dengan konsep mezanine dimana beberapa sisi dibuat tinggi menjulang ukuran tirai pun sedikit lebih tinggi. Untuk ukuran yang ideal Anda dapat mengkonsultasikan lebih lanjut mengenai desain dan ukuran tirai yang hendak dibuat. Dengan begitu tirai akan memiliki kesesuaian yang tinggi baik dengan jendela atau pun ruangan Anda. Jangan lupa sesuaikan pula warnanya agar ruangan Anda semakin terlihat cantik menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *