Inspirasi Interior Perkantoran Jepang Kental akan Unsur Zen Nan Nyaman

Jepang adalah referensi interior perkantoran yang tepat. Negara yang memiliki daerah terbatas ini, terkenal dengan desain minimalis dan fungsionalnya. Uniknya, meski berkesan modern, desainya tetap mengacu pada karakteristik Jepang yang rapi dan kaya dengan penggunaan kreasi kayu. Gaya dekorasinya mencitrakan gaya Zen yang damai dan nyaman walau terlihat canggih pada waktu bersamaan.

Elemen Zen Yang Tentram Pada Interior Kantor Ala Jepang

Zen berarti meditasi, istilah ini menjadi ciri khas dekorasi Jepang yang mengabungkan elemen modern dan tradisional dengan pas. Untuk memastikan desain terkombinasi dengan baik, jasa kontraktor HVAC (Heat, Ventilation And Aired Conditioned) memastikan perpaduan keduanya seimbang dalam ruang kantor. Berikut adalah beberapa ciri khas perkantoran ala Jepang, yang penting untuk kamu tahu.

1. Nuansa dan Warna

Karena orang Jepang sangat care banget dengan alam, jadi dimana-mana elemen kayu gampang sekali ditemuin. Baik kecoklatan karya woodworking atau bebatuan yang alami. Sesuai dengan cirinya, interior kantor akan didominasi warna netral seperti putih, abu-abu, sampai beige. Nuansa perkantorannya kalau tidak bernuansa alami akan mengambil tampilan modern yang minimalis.

2. Pemilihan Furnitur

Pemilihan furnitur bergaya simple yang fungsional. Penggunaan kayu dan bambu akan mendominasi karena bahanya yang mudah dibentuk dan cocok dengan apapun. Jepang terkenal banget dengan konsep lesehan beralaskan tatami dan aneka bantal empuk sebagai penambah kenyamanan. Untuk Perkantoran mungkin bisa dilihat di area ruang tunggu, kumpul karyawan atau ruang serba guna. Ruanganpun jarang menggunakan furnitur dan pajangan terlalu banyak, karena membuat ruangan jadi sumpek dan terlalu ramai.

3. Penerangan

Dekorasi ala Jepang selain berciri kan kesederhanaan, juga sangat menyukai bangunan dengan pencahyaan alami yang natural. Maka interiornya mengedepankan area terbuka dengan desain yang unik dan dibuat sesederhana mungkin. Jadi bisa dipastikan ada banyak jendela yang jadi bukaan untuk sirkulasi udara. Bila tidak banyak penempatan jendela, kontraktor listrik akan menambahkan pencahayaan yang memadai dalam rumah lengkap dengan penyejuk ruangannya.

4. Penggunaan Tanaman

Jangan heran bila ruangan interior ala Jepang, sangat menyukai tanaman. Penggunaan kesenian penataan bunga, tanaman bonsai, kokedama adalah contoh betapa elemen hijau sangat penting bagi orang Jepang. Selain itu kesan damai yang diberikan oleh penggunaan tanaman merupakan ciri khas yang sangat bermanfaat untuk ditiru.

5. Rapi

Sudah bukan rahasia lagi kalo Jeang adalah jagonya dalam penataan yang rapi jali. Jadi, interior ruangan yang terinspirasi dengan desain ala Jepang akan sangat memperhatikan pemilihan hiasan dan perabotan. Menghindari ruangan yang berlebihan bertujuan menciptakan ruangan yang rapi sebagai ciri khas dekorasi Jepang. Selain itu banyak diciptakan furniture untuk menyimpan berbagai kebutuhan, namun jadi tidak terlihat berantakan.

6. Fungsional 

Jarang sebuah barang hanya memiliki hanya satu fungsi saja. Lemari bisa difungsikan jadi meja atau bahkan ada banyak kompartment didalamnya. Desain ala Jepang akan mengabungkan berbagai elemen dan memastikan semua berfungsi dan tetap terlihat cantik. Itu adalah termasuk tugas kontraktor mekanikal elektrikal, untuk memastikan hal tersebut terjadi sesuai dengan panduan tenaga ahli.

Jadi, tampilan interior ala Jepang yang terinspirasi dari kedamaian dan budaya Zen bisa jadi pilihan dekorasi untuk interior daerah kantor. Selain materialnya cukup mudah ditemukan, caranya juga dapat menghemat banyak kesulitan dimasa depan. Silahkan adopsi satu atau beberapa tips diatas untuk memberikan sentuhan ruangan yang ala Jepang dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *