Jangan Biarkan Karpet Lembab atau Dampak Ini Kamu Rasakan!

Karpet memilikii fungsi tersendiri bagi sebuah ruangan. Dengan adanya karpet, ruangan dapat menjadi semakin cantik. Motif karpet terdiri dari berbagai macam jenis sehingga dapat disesuaikan dengan fitur ruangan. Karpet juga dapat melindungi anggota keluarga dari kuman secara langsung. Hal ini karena fungsi karpet yang berperan menjadi pencegah adanya kontak langsung antara kulit dengan lantai. Pada musim dingin, penggunaan karpet juga semakin banyak. Ini disebabkan oleh rasa hangat yang diciptakan oleh karpet.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tak selamanya karpet dapat memberi keuntungan seperti yang disebutkan sebelumnya? Sebaliknya, karpet justru dapat menjadi sarang kuman dan penyakit. Hal ini patut diwaspadai, karena memang banyak aktivitas yang kamu lakukan di atas karpet. Oleh sebab itu, kuman betah bersarang di karpet.

Salah satu penyebab karpet menjadi sarang kuman dan penyakit adalah karena dampak kelembaban berlebih pada karbet tersebut. Lalu, apa saja sih dampak yang bisa ditimbulan akibatĀ  kelembaban yaaannng berlebih? Berikut ulasannya.

Sarang Penyakit

Sedikit di bahas pada pembuka, karpet yang memiliki kelembaban perlebih dapat menjadi sarang kuman dan penyakit. Sudah berapa kali Anda menyantap makanan di atas karpet? Sudah berapa kali Anda menginjak-injak karpet dengan kondisi telapak kaki yang kotor? Bila hal-hal tersebut Anda lakukan berkali-kali, maka suda jelas karpet dapat membawa akibat yang buruk bagi Anda. Ditambah lagi, faktor kelemababan berlebih yang muncul. Penyakit apa yang bisa ditimbulkan? Yang paling terlihat adalah gatal kemerahan, batuk, flu, hingga asma.

Muncul Jamur

Bagian ini sepertinya sudah menjadi fakta umum, bila sebuah tempat memiliki kondisi lembab berlebih maka jamur akan muncul. Hal inilah yang juga akan terjadi pada karpet Anda bila membiarkan karpet memiliki kondisi lembab yang berlebih. Apa saja yang dapat dirugikan dari munculnya jamur? Banyak. Yang paling terlihat adalah menjadi sarang penyakit. Selain itu, munculnya jamur dapat menghilangkan esensi keindahan karpet dengan furnitur. Padahal, Anda sudah mendapatkan harga karpet lantai tersebut paling murah, kualitasnya pun sudah bagus. Namun, hal itu tidak berguna lagi saat jamur muncul karena karpet hanya mengisyaratkan kekotoran ruang tamu Anda.

Warna yang Memudar

Selain nilai keindahan yang berkurang ataupun menghilang akibat jamur yang muncul, nillai ini juga dipengaruhi oleh kualitas warna karpet. Ketika karpet memiliki kelembaban yang berlebih maka warna asli karpet akan memudar. Anda pernah melihat atau mengetahui karpet tile? Nah, keindahan motif dan corak warna karpet tile dapat hilang karena adanya warna yang memudar. Akibatnya, Anda bisa kembali membeli yang baru dan mencari kembali jual karpet tile murah.

Memicu Adanya Bau

Dampak ini rasanya menjadi pelengkap terakhir akibat karpet memeliki kelembaban yang berlebih. Setelah jamu muncul dan warna menjadi memudar, akan muncul bau tidak sedap dari karpet. Dampak ini jelas sangat merugikan. Bila kamu memasang karpet di ruang tamu, bayangkan betapa terganggunya para tamu. Bila kamu memasang karpet di dapur, bayangkan juga betapa terganggunya anggota keluarga Anda ketika ingin melahap sarapan pagi. Menghilangkan bau juga susah.

Dampak-dampak di atas sebenarnya masih hanya beberapa saja. Tentu bila Anda tidak rutin menjaga kebersihan karpet dan membiarkannya tanpa ada perawatan dari Anda, maka akan semakin banyak dampak yang kam bisa rasakan. Mendapatkan harga kapet murah bukanlah sebuah masalah selama Anda mampu merawatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *