Jenis-jenis Lantai Parket

Inilah Jenis-jenis Lantai Parket yang Harus Kamu Tahu!

Parket memang belum dikenal semua orang yang ada di sekitar kita, namun mulai banyak orang yang menggunakan lantai ini karena memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Lantai parket tidak hanya membuat nyaman bagi penghuni, namun penampakan lantai ini terlihat mewah dan modern. Buat kamu yang belum tahu pasti bertanya-tanya, lantai jenis apa ini? yaitu lantai yang dibuat menggunakan kayu dibentuk berupa papan atau potongan-potongan kecil yang bisa dirangkai dan menjadikannya lantai yang cantik.

Parket ternyata terbagi menjadi beberapa jenis, ada yang menggunakan kayu asli dikenal dengan nama solid, ada juga yang menggunakan potongan-potongan kayu digabung atau bahkan serbuknya yang dikenal dengan nama laminate parket. Terakhir ada parket vinyl yaitu gabungan antara kayu asli dan kayu dengan kualitas rendah.

Jenis-jenis Lantai Parket dan Kelebihannya

Lantai parket terbagi menjadi tiga jenis. Masing-masing jenis memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Jika kamu tertarik dengan lantai ini ketahui informasi penting tiap-tiap jenis parket berikut ini.

1. Parket solid

Jenis-jenis Lantai Parket

Parket solid adalah parket yang dibuat dari pohon asli, tidak akan ada bahan-bahan kimia yang bisa kamu temukan di dalamnya. Jenis ini memiliki kualitas yang paling bagus, dikenal paling awet dibanding jenis lainnya. Namun harga jenis lantai ini tidak main-main, kamu harus menyediakan dana yang besar untuk mendapatkannya. Jenis parket ini memiliki ketebalan 1,5 cm, bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp 160.000 hingga Rp 550.000. Harga biasanya tergantung dari jenis pohon yang digunakan. Adapun pohon-pohon yang sering dipakai pada lantai ini adalah kayu merbau, kayu jati, kayu mahoni, kayu sonokeling dan kayu ulin. Untuk mendapatkan lantai dengan jenis solid kamu harus menyediakan dana yang cukup fantastic, namun tampilan lantai yang menggunakan solid sangat mewah dan berkelas.

2. Laminate parket

Jenis-jenis Lantai Parket

Jenis parket yang kedua dibuat dengan cara laminate. Lantai ini dikenal juga dengan nama HDF (High Density Fiber) yaitu parket yang dibuat dari serbukan-serbukan kayu yang dicampur dengan bahan kimia selanjutnya dipres menggunakan mesin hot press yang memiliki kekuanan di atas 1 ton. Hasilnya akan berbentuk lembaran yang bisa ditempelkan di atas lantai. Bentuk dan warna sama seperti kayu, karena dilapisi terlebih dahulu dengan plastik motif kayu. Warna pada laminate ini juga beragam, kamu bisa memilih warna sesuai dengan konsep rumah kamu. Harga lantai jenis ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 125.000 hingga Rp 250.000 permeter. Jika budget yang kamu miliki terbatas jenis lantai ini bisa dijadikan pilihan terbaik. Tenang saja lantai ini tetap memberikan kesan yang modern dan bernilai estetik tinggi.

3. Vinyl parket

Jenis-jenis Lantai Parket

Jenis parket yang ketiga ialah vinyl parket, yaitu lantai yang dibuat terdiri dari gabungan antara kayu asli pada bagian atas dan kayu dengan kualitas rendah di bawahnya. Adapun jenis kayu yang digunakan antara lain kayu ebony, kayu afroomosia, maple, figured dan jenis kayu lainnya. Jenis kayu ini memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding parket asli, karena sangat rawan dimakan rayap, maka tidak heran jika harga lantai jenis ini lebih murah dibanding dengan lantai solid. Sedangkan untuk pemasangan biasanya lantai ini menggunakan lem yang memiliki daya rekat yang tinggi.

Bila kamu tertarik dengan lantai parket silahkan pilih salah satu dari tiga jenis di atas. Pilihlah jenis lantai sesuai dengan budget yang telah kamu siapkan. Dengan menggunakan lantai ini dipastikan rumah akan tampak semakin mewah dan lebih nyaman ditempati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *