Kegunaan Besi Siku Lubang

Kegunaan Besi Siku Lubang yang Digunakan Masyarakat

Besi siku adalah salah satu komponen konstruksi modern yang penggunaannya sangat luas dalam masyarakat. Bar siku sendiri setidaknya memiliki tiga jenis yang berbeda sesuai dengan fungsi dan peruntukannya. Bar siku sama sisi dan bar siku tidak sama sisi umumnya digunakan untuk konstruksi rangka yang lebih exterior seperti rangka untuk konstruksi menara, konstruksi tiang penampungan air, dan lain sebagainya.

Satu jenis lain dari bar siku adalah angle bar berlubang atau L-Bracket with hole. Bar siku jenis ini pada umumnya digunakan untuk konstruksi yang lebih interior seperti untuk pembuatan rak penyimpanan barang pada gudang, rak besi untuk storage televisi, bahkan untuk keperluan konstruksi meja sekali pun.

Melihat aplikasinya yang lebih homify dan akrab dalam masyarakat, bar siku berlubang tentu memiliki daya tariknya sendiri untuk digunakan secara luas. Nah secara khusus daya tarik dan fungsional lubang pada bar siku inilah yang menjadi titik sentralnya. Lantas, apa saja manfaat dari lubang pada bar siku jenis ini sehingga memudahkan fungsionarisnya? Berikut uraian lengkapnya.

Kegunaan Besi Siku Lubang yang Paling Banyak Digunakan

Harga besi siku lubang umumnya tidak begitu mahal dan terjangkau oleh hampir semua lapisan masyarakat.  Sejalan dengan kompetitifnya harga bar siku lubang untuk keperluan aneka macam konstruksi sederhana ini, aplikasinya juga sangat luas dalam masyarakat, bahkan dalam lingkungan rumah tangga sekali pun.

Nah sekarang, apa saja manfaat lubangnya sendiri pada bar besi siku lubang yang paling umum diketahui dalam masyarakat? Berikut adalah beberapa di antaranya;

1. Sebagai Tempat Untuk Meletakkan Komponen Penghubung

Fungsi pertama dari lubang pada besi siku adalah sebagai space untuk meletakkan komponen penghubung baik berupa baut, mur, skrup, atau bahkan paku. Lubang-lubang ini telah didesain sedemikian rupa sehingga memungkinnya untuk relevan dengan berbagai komponen penghubung yang diperlukan.

Untuk merekatkan dua bar siku lubang secara solid dan kokoh, perlengkapan yang dibutuhkan hanyalah beberapa buah baut dengan mur yang dapat digabungkan secara sederhana. Sementara misalnya untuk merekatkannya pada dinding, plafon, atau pun secara parsial mandiri, konstruksi sederhana menggunakan baut dengan memanfaatkan lubang pada bilah siku ini juga dapat dilakukan.

2. Sebagai Alat Bantu Untuk Memperkirakan Presisi Ukuran

Kegunaan Besi Siku Lubang

Pada bar siku biasa sama sisi atau tidak sama sisi, atau bahkan pada potongan besi biasa berbentuk persegi dan semacamnya, dibutuhkan alat ukur meteran untuk dapat menentukan panjang yang selaras.

Ketergantungan pada alat ukur meteran ini dapat diminimalir ketika yang menjadi objek adalah bar siku berlubang. Dengan bantuan lubang-lubangnya yang simetris dan tersusun rapi, pada konstruksi yang sederhana bahkan alat ukur meteran tidak begitu dibutuhkan.

3. Sebagai Penambah Nilai Estetika Untuk Interior

Kehadiran lubang atau hole pada bar siku selain fungsionaris untuk menempatkan baut dan mur, juga dapat digunakan pula sebagai bagian dari tambahan estetika interior  yang sederhana. Pada penataan yang rapi dan terencana, komponen-komponen besi siku dengan barisan lubang yang ada pada bilah-bilahnya bahkan mampu meningkatkan nilai seni dan kekuatan estetika di dalamnya.

Nah sekarang, anda pun dapat dengan mudah merakit komponen besi siku lubang dan menjadikannya meja ruang tamu yang cantik, rak televisi gantung yang keren, atau pun cabinet untuk menempatkan barang-barang koleksi. Lubang yang ada pada badan siku akan membantu anda untuk menempatkan baut sekaligus juga membantu anda menyesuaikan ukurannya.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencobanya, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *