Atap Rumah

Kenali Cara Terbaik dalam Merawat Bagian Atap Rumah agar Lebih Awet

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah yang nyaman dan bebas dari masalah seperti bocor atau retak? Tentu semua orang mendambakan rumah yang kokoh dan kuat. Apalagi jika musim penghujan tiba, rumah yang kurang kokoh sudah pasti akan mengalami yang namanya kebocoran. Beberapa orang sudah menggunakan jasa waterproofing untuk melapisi atap agar bebas dari bocor, namun jika bagian tersebut tidak dirawat dengan benar tentu akan kembali rusak dan bocor.

Bagaimana Cara Merawat Atap yang Benar?

Cara Merawat Atap

Beberapa bangunan yang telah memakai jasa pemasangan waterproofing membrane bakar juga terkadang masih mengalami rembesan dari air hujan. Sebelum menggunakan waterproof untuk atap, alangkah baiknya jika atap dirawat terlebih dahulu seperti cara yang akan dijelaskan berikut ini :

1. Menjaga Kebersihan Ventilasi

Pastikan kondisi ventilasi pada atap bebas dari debu, sampah atau kotoran yang lainnya. Jangan sampai menunggu hingga kotoran menumpuk, baru dilakukan pembersihan. Dengan menjaga kebersihan ventilasi, akan membuat sirkulasi udara pada atap lebih terjaga kelembabannya sehingga membuat atap bebas mengalami keretakan.

2. Mengecek Kebersihan Atap secara Berkala

Untuk menghindari kebocoran, sebaiknya cek selalu kebersihan atap secara rutin minimal 1 (satu) bulan sekali dan maksimal 3 (tiga) bulan sekali. Pastikan tidak ada lumut yang menempel pada atap atau genting yang melorot turun, karena kedua hal tersebut dapat memicu terjadinya kebocoran pada atap ketika musim penghujan tiba. Apabila atap menggunakan talang air, jangan lupa untuk membersihkan talang dari sampah yang bisa menyumbat saluran.

3. Memastikan Atap Bebas dari Binatang 

Salah satu hewan yang sering bersarang di atap adalah tikus. Hewan ini bisa merusak atap, karena kotoran tikus dapat menyebabkan atap menjadi lembab dan bau sehingga mudah mengalami retak dan mengakibatkan kebocoran. Untuk mencegah tikus agar tidak datang ke rumah dan bersarang di atap, maka berhati – hatilah dalam membuang sampah dan menaruh makanan. Pada umumnya tikus akan muncul ketika rumah tidak terjaga kebersihannya.

4. Pengecatan pada Atap

Langkah perawatan atap selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengecat dengan lapisan waterproof pada atap atau dak berbahan beton. Dengan pelapisan ini diharapkan bisa mencegah terjadinya kebocoran pada atap dan membuat atap lebih tahan terhadap air. Untuk pengaplikasiannya, dapat menggunakan jasa waterproofing agar hasilnya lebih rapi dan tahan lama.

5. Menggunakan Atap yang Berkualitas

Cara terbaik dalam mencegah kebocoran yaitu menggunakan atas yang memiliki kualitas terbaik. Atap yang berkualitas memiliki daya tahan yang lebih kuat dibanding dengan atap kualitas menengah atau rendah. Meskipun harga untuk jenis atap yang berkualitas lebih mahal, namun memiliki ketahanan yang cukup baik ketika hujan tiba dan tidak mudah mengalami kebocoran.

Atap merupakan salah satu bagian yang terpenting pada suatu bangunan, karena berfungsi untuk melindungi rumah dari cuaca panas atau dingin dan sebagai penambah nilai estetika. Itulah sebabnya merawat atap selalu bersih adalah hal yang wajib dilakukan, agar atap lebih awet dan kokoh. Dengan semakin berkembangnya zaman seperti sekarang ini, sudah banyak jasa pemasangan waterproofing membrane bakar yang bisa dimanfaatkan jasanya untuk melapisi atap dan mencegahnya dari kebocoran akibat air hujan. Itulah beberapa cara dalam merawat atap dan bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang mengalami masalah pada atap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *