Kitchen Set Restaurant

Kiat-Kiat Dalam Pemilihan Kitchen Set Restaurant Menurut Ahli Interior

Dapur merupakan bagian yang paling penting apabila Anda menggeluti bisnis restaurant. Karena di sanalah ladang bisnis Anda, untuk mengolah makanan menjadi santapan yang siap dinikmati. Banyak yang percaya bahwa kondisi dapur akan mempengaruhi mood dalam memasak. Mood yang bagus maka akan menghasilkan makanan yang enak pula. Di samping itu, dapur restaurant yang baik dan bersih juga tentu diperlukan untuk menjaga mutu makanan yang disiapkan. Susunan posisi dan kelengkapan perabot juga akan sangat membantu dalam proses pengolahan makanan. Apalagi untuk restaurant dengan konsep open kitchen, maka sudah barang tentu perlu pengaturan sedemikian rupa agar proses memasak tidak mengurangi kenyamanan customer yang berada di restaurant. Oleh karena itu, biasanya sebagian besar restaurant akan menyerahkan proses pembuatan kitchen set kepada ahlinya di sebuah perusahaan kontraktor interior restaurant.

Kitchen Set Restaurant

Di Ibukota Jakarta sendiri, jumlah penyedia jasa kontraktor interior restaurant cukup banyak dan mudah ditemukan. Biasanya mereka memiliki portofolio sendiri dan memsarkan jasanya via online. Banyaknya jumlah restaurant di Jakarta juga berbanding lurus dengan banyaknya jumlah penyedia jasa kontraktor Jakarta. Namun pihak pengelola bisnis restaurant sendiri juga harus pandai dalam memilih kontraktor dan memahami cara kerjanya agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Lantas, apa saja yang perlu diketahui dalam melakukan pemilihan kitchen set? Bagaimana saran dari para ahli interior dalam menentukan pilihan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Sudut Pandang Para Kontraktor Interior Dalam Pemilihan Kitchen Set

Bagi orang awam sendiri, biasanya akan terbiasa melakukan pemilihan dari sisi tampilan luarnya saja. Bahkan tak jarang juga kebingungan tentang apa saja dan bagaimana cara membentuk dapur menjadi baik dan benar. Jauh dari itu, para ahli bahkan sudah memikirkan mulai dari bahan, susunan, dan tampilan yang baik untuk itu semua. Berkut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan kitchen set menurut salah satu penyedia jasa kontraktor Jakarta khusus bagian desain interior.

1. Membuat daftar

Sebelum memilih kitchen set, sebaiknya membuat daftar terlebih dahulu mengenai urut-urutan kegiatan yang akan dilakukan di dapur. Selain ini penting untuk menentukan perabot apa saja yang diperlukan, juga untuk mengukur besarnya space yang harus diisi maupun disisakan untuk kenyamanan. Jangan sampai perabot yang dibeli berukuran lebih besar daripada space yang tersedia atau justru mubazir.

2. Mengecek kondisi lantai

Ada baiknya juga mengecek kondisi lantai tempat akan diletakkannya berbagai kitchen set tersebut, apakah cukup kuat untuk menampung beratnya perabot dan detail lainnya dalam pemasangan. Selain itu juga harus mempertimbangkan solusi atas kondisi dapur yang mungkin akan basah. Jangan sampai kondisi tersebut justru akan merusak lantai atau kitchen set yang sudah terpasang.

3. Membuat urutan aktivitas

Untuk mempermudah langkah-langkah dalam memasak, posisi perabot juga tentu cukup menentukan. Oleh karena itu perlu dibuat suatu urutan aktivitas selama di dapur agar susunan barang dapat mendukung dan membuat pekerjaan memasak menjadi ringkas.

4. Pemilihan furniture atau perabot

perabot kitchen restoran

Pastikan Anda memilih furniture atau perabot yang sesuai dengan aktivitas memasak agar tidak berlebihan dan justru membuat dapur menjadi penuh. Misalnya, menghitung jumlah laci atau lemari yang mungkin diperlukan. Hal ini juga tentu sangat membantu Anda dalam menentukan budget untuk pembelian kitchen set. Selain itu ada baiknya memperhatikan material yang digunakan dengan berbagai kemungkinan yang mungkin muncul selama proses memasak. Sebagai contoh, agar kitchen set Anda awet, sebaiknya menggunakan bahan yang tahan air untuk area-area yang mungkin akan sering terkena air.

Baca ini juga: Paling Dicari! Ini Harga Horizontal Blind Per Meter

5. Pertimbangkan kondisi sirkulasi udara dan pencahayaan

Bagian dapur di sekitar kompor biasanya akan banyak mengeluarkan asap selama proses memasak. Perlu dipertimbangkan apakah diperlukan jendela yang cukup untuk memastikan asap tidak mengganggu pernafasan dan sirkulasi udara di dapur, ataukah menggunakan cooker hood yang berfungsi untuk menyedot asap dan uap panas ke luar. Selain itu, pencahayaan di dapur juga sangat penting agar membuat kondisi orang yang memasak menjadi nyaman. Ada banyak alternatif dalam pemasangan lampu untuk memastikan dapur mendapat pencahayaan yang sesuai.

6. Perhatikan letak barang pendukung

Anda juga perlu mempertimbangkan letak barang pendukung seperti tabung gas atau tong sampah untuk memastikan kondisi dapur menjadi bersih dan apik.

7. Perhatikan kesesuaian warna

Terakhir, dari sisi estetika. Perlu diperhatikan keselarasan warna antara kitchen set dengan kondisi dapur seperti warna tembok. Hal ini untuk memastikan Anda mendapatkan kondisi dapur yang menarik dan menyenangkan sebagai mood booster.

Demikianlah sudut pandang dari para ahli mengenai apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemilihan kitchen set. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan panduan dalam pemilihan kitchen set.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *