Mencegah Kerusakan Karpet Di Rumah

Kiat Kiat untuk Mencegah Kerusakan Karpet Di Rumah Anda

Karpet dalam sebuah hunian, seringkali dijadikan sebagai pelindung lantai dari debu serta menghindarkan suhu dingin di dalam rumah. Kehadiran karpet ini tentunya sangatlah menguntungkan, mengingat lantai rawan kotoran karena seringnya dipijak. Karena letaknya yang berada di lantai, seringkali karpet menjadi mudah kotor dan rusak.

Ada banyak penyebab yang membuat karpet lantai di rumah mudah rusak. Misalnya saja karena kesalahan dalam penggunaan dan juga penggunaannya. Maka dari itu untuk mencegah karpet dari kerusakan, anda bisa mengikuti kiat kiat di bawah ini.

Kiat untuk Mencegah Karpet dari Kerusakan

Mencegah Karpet dari Kerusakan

Nah, biar karpet anda tetap dalam kondisi baik dan awet digunakan, anda perlu nih mengikuti kiat kiat di bawah ini.

1. Hindari menggosok karpet

Karpet anda terkena tumpahan teh, kopi, ataupun minuman berwarna lainnya? Untuk membersihkannya, tak jarang orang menggosok gosok permukaan karpet tersebut. Padahal cara ini bisa bikin karpet cepat rusak loh. Misalnya saja karpet yang berbahan wol ataupun karpet tile. Serat pada karpet akan terpisah dan menyebabkannya menjadi kasar, bahkan hingga beresiko terjadi kerusakan parah.

2. Membersihkan debu yang menempel

Karpet yang sering digunakan tentu akan banyak menyerap debu debu halus. Nah, untuk mencegah karpet anda dari kerusakan, sebaiknya lakukanlah pembersihan secara rutin. Untuk menghilangkan debu yang menempel tersebut anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Sebelum mencucinya, pastikan bahwa karpet telah benar benar bersih dari debu.

3. Segera membersihkan noda basah dan kotor

Jika karpet anda terkena tumpahan air maupun kotoran, segeralah untuk membersihkannya. Karena apabila kotoran dibiarkan terlalu lama, justru noda akan terserap dan membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan.

4. Jangan menggunakan sepatu di atas karpet

Permukaan sepatu yang kasar bisa merusak serat pada karpet. Misalnya saja pada karpet tile bisa menyebabkan timbulnya bekas gesekan, sehingga menurunkan kualitas karpet. Selain itu, menggunakan sepatu di atas karpet juga bisa memunculkan residu kimia dan terbawanya tanah dari luar. Tentu saja hal ini bisa bikin karpet anda terlihat usang bukan?

5. Memilih pembersih yang tepat

Sebaiknya pilihlah cairan pembersih khusus karpet jika anda ingin mencucinya sendiri. Karena tidak semua bahan pembersih cocok dengan jenis karpet anda. Nah, yang paling mudah, anda bisa menerapkan penggunaan sabun cuci piring yang telah diencerkan

6. Memilih kekuatan vacum cleaner sesuai jenis karpet
Jika ingin membersihkan karpet menggunakan vacum cleaner, pilihlah kekuatan yang sesuai dengan bahan karpet. Jangan beranggapan bahwa kekuatan maksimal akan mampu membersihkannya secara optimal. Karena masing masing bahan karpet memiliki cara perawatan yang berbeda beda.

7. Meletakkan di ruangan yang tepat
Ketika menggunakan karpet pada hunian, anda harus meletakkannya di ruangan yang tepat. Karena tiap jenis karpet memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Misalnya saja untuk jenis karpet wol, tentu tidak bisa anda letakkan di ruang makan yang rawan terkena tumpahan makanan dan minuman.

Kiat kiat di atas cukup efektif untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada karpet lantai. Segara saja terapkan pada karpet kesayanganmu! Dijamin karpetmu akan selalu bersih dan terhindar dari kerusakan karena kesalahan perawatan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *