Solusi untuk Masalah Sliding Door

Jangan Takut, Inilah Solusi untuk Masalah Sliding Door yang Sering Dijumpai

Saat ini pintu rumah memang memiliki beragam jenis pilihan yang menarik. Salah satu jenis yang sedang ramai diperbincangkan adalah jenis pintu geser atau dikenal dengan istilah sliding door. Pada pintu jenis ini, kamu akan mendapatkan kesan elegan dan mewah hanya dengan mengganti pintu saja. Meskipun begitu, pintu geser juga kerap mendapatkan beberapa permasalah. Namun, kamu tidak perlu panik lagi karena semua masalah pasti ada solusinya. Untuk itu, atikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa solusi permasalahan yang kerap terjadi pada pintu geser.

Solusi Permasalahan Sliding Door

Solusi untuk Masalah Sliding Door

Pintu geser atau yang lebih dikenal dengan nama sliding door merupakan sebuah pintu yang dibuka ke arah samping, baik samping kanan maupun samping kiri. Pintu jenis ini juga lebih simpel karena tidak perlu menggunakan kusen, melainkan menggunakan mekanisme rel yang berada di bagian atas maupun bawah. Meskipun memilki banyak kelebihan, bukan berarti pintu jenis ini tidak memiliki kekurangan. Inilah beberapa kekurangan dan solusi pada permasalahn pintu geser.

Rel yang terganjal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pintu geser menggunakan mekanisme rel. Pada mekanisme ini, rel tersebut sangat rawan terganjal oleh debu. Untuk itu, kamu harus rutin dalam membersihkan rel tersebut. Untuk cara membersihkannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan sapu atau alat lain yang sejenis untuk membuang kotoran yang ada pada rel. Untuk beberapa bagian yang sulil dijangkau, kamu bisa menggunakan vacum cleaner yang akan menyedot debu. Selain itu, pastikan kamu melumasi kembali bagian rel dan roda agar pergerakan pintu geser menjadi lebih mudah. Agar lebih memudahkan proses pembersihan, kamu juga bisa melepas terlebih dahulu bagian pintu geser. Pastikan kamu melepasnya dengan benar agar nantinya tidak menimbulkan permasalahan baru yang tentu akan menyulitkan kamu nanti.

Suara aneh muncul ketika buka dan tutup

Munculnya suara aneh pada pintu geser memang hal yang wajar. Namun, jika suara aneh tersebut terasa semakin kerasa atau tidak normal, kamu sebaiknya memeriksa kembali beberapa bagian yang kamu gunakan. Salah satu bagian yang bisa menimbulkan suara aneh adalah pada rel. Hal tersebut bisa terjadi karena rel yang dipasang tidak dalam kondisi yang presisi. Jika hal tersebut terjadi, kamu bisa membongkar pintu tersebut dan mengulang proses pemasangannya. Periksa juga apakah mekanisme rel yang digunakan masih berfungsi dengan baik. Terkadang rel juga memuai dan membuat bentuk mekanismenya berubah.

Kunci yang macet

Permasalahan ini merupakan sebuah permasalahan yang sangat mengerikan. Jika kunci macet, maka pintu tidak bisa dibuka. Hal tersebut tentu akan berbahaya bagi pemilik rumah jika terkunci dan tidak bisa membukanya. Untuk menghindari permasalahan tersebut, kamu harus rutin untuk memberikan pelumas agar nantinya tidak akan terjadi permasalahan kunci yang macet. Pelumas tersebut bisa diteteskan pada anak kunci lalu masukan secara perlahan ke dalam lubang kunci. Jika hal tersebut dilakukan secara rutin, permasalahan kunci macet akan bisa kamu hindari. Jika sampai pintu sudah macet, kamu bisa menghubungi ahli kunci untuk melakukan penggantian mekanisme kunci pintu.

Demikianlah artikel ringkas namun penuh makna mengenai solusi permasalahan pintu geser yang sering dijumpai. Semoga dengan adanya artikel ini dapat mengatasi segala permasalahan yang ada pada pintu geser milikmu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *