Sulap Ruangan Jadi Mewah dengan Partisi Ukiran Ini

Memilih kayu sebagai bahan partisi kayu memiliki keistimewaan sendiri. Anda bisa mengatur cahaya ruangan yang masuk. Dengan ini Anda bisa meminimalisasi ruangan dengan cahaya yang minim. Selain itu partisi jenis kayu juga memungkingkan Anda untuk mengubah celah-celahnya. Dengan ini Anda bisa membuat ruangan Anda menjadi indah tanpa menghambat sirkulasi udara dan pencahayaan. Bagi Anda yang sedang berencana ingin menggunakan partisi dengan jenis ini namun bingung pilihan yang cocok bagi ruangan Anda, berikut ini beberapa inspirasi ukiran dari kayu yang bisa Anda pilih.

Partisi Jati Ukir

Partisi ini juga dikenal dengan sebutan Gebyok. Ciri khas dari partisi kayu ini adalah ukiran-ukiran khas Jepara. Partisi ini mampu meningkatkan nilai estetika ruangan Anda karena ukiran karya seninya yang menawan. Selain itu bila Anda ingin menggunakan ukiran Gebyok ini untuk partisi dalam ukuran yang besar, Gebyok dapat memisahkan antar ruangan tanpa melupakan nilai estetikanya. Dalam kepercayaan budaya Jawa sendiri Gebyok memiliki makna spiritual yang dalam. Terdapat cerita yang muncul dalam setiap ukiran Gebyok yaitu tentang tujuan hidup manusia “Sangkan Paraning Dumadi” yang memiliki arti keharmonisan, kesejahteraan, dan juga kedamaian.

Ukir Lengkung

Salah satu fungsi partisi adalah memisahkan ruangan sehingga menciptakan ruangan baru dengan fungsinya masing-masing. Namun bila Anda sedikit ingin melanggar fungsi ini, Anda dapat menggunakan motif ukir lengkung ini. Motif ukir lengkung menjadi jawaban bagi Anda yang ingin menggunakan partisi namun tetap ingin tahu aktivitas yang ada di ruangan terpisah tersebut. Motif ukir memiliki gaya dengan celah-celah besar di dalamnya. Jasa partisi siap membuatkan ini untuk Anda.

 

Ukir Naga

Partisi dengan ukiran bermotif naga merepresentasikan gaya oriental pada ruangan Anda. Gaya oriental merupakan bawaan dari budaya ketimuran yang berkembang meliputi wilayah Cina, Jepang, dan Korea. Tak jarang bila Anda mengunjungi sebuah hunian ataupun restoran dengan konsep oriental Cina, partisan dengan motif ukiran naga ini akan sering Anda jumpai. Ukiran naga ini ditambah keindahanya dengan dilapisi warna-warna netral. Pemilihan warna ini menciptakan latar belakang yang sederhana, serta menonjolkan elemen interior di dalam ruangan yang jumlahnya sedikit. Jadi apabila Anda memiliki konsep desain ruangan yang oriental, Anda dapat menggunakan partisi dengan ukiran naga ini.

Baca juga: Inspirasi Rumah Minimalis Menggunakan Partisi Gypsum

 

Ukir Daun

Partisi dengan motif daun atau tumbuhan terkenal di daerah Pekalongan. Motif yang dibuat merupakan campuran bentuk cekung, cembung, dan miring, serta menggambarkan bentuk-bentuk tumbuhan. Partisi dengan ukiran daun merepesentasikan ruangan dengan gaya elegan dan kesan dekat dengan alam. Kesan ini tentunya cocok bagi Anda yang memang gemar mengoleksi tanaman. Anda juga dapat menempatkan beberapa dari tanaman yang Anda koleksi untuk ditempatkan di sekitar partisi. Hal ini tentu akan menambah suasana natural dalam ruangan Anda.

Ukir Modern

Partisi kayu dengan ukiran modern menjadi alternatif tersendiri bagi Anda yang tidak mau bingung-bingung memilih motif. Ukiran modern cenderung menggunakan semua jenis ukir, dan menyatukannya dengan gaya modern barat. Selain itu partisi ini dilapisi dengan cat-cat berwarna terang, disesuaikan dengan ruangan.

Ukiran-ukiran di atas dapat menjadi inspirasi Anda dalam menentukan partisi berbahan kayu untuk ruangan Anda. Jangan lupa konsultasikan motif ukuran kayu ini pada jasa partisi yang Anda percayai. Anda dapat mengutarakan keinginan Anda pada mereka, lalu biarkan mereka menyediakan yang terbaik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *