Talang Air Hujan Bermasalah dan Mampet? Coba Cara Berikut untuk Mengatasinya!

Tidak lengkap rasanya jika sebuah bangunan tidak memiliki talang air untuk menyalurkan air hujan yang turun atau aliran air kotoran. Terlebih saat musim penghujan tiba, keberadaan talang dengan kondisi yang baik harus sangat diperhatikan. Biasanya, talang ini dibuat pada bagian atap, meskipun atap sudah dilapisi pelapis waterprooging dak beton dan sebagainya, namun talang air harus dibuat untuk mengalirkannya.

Pentingnya keberadaan talang air, tidak luput jua dari masalah yang menghampiri. Dari mulai mampet hingga rusak bahkan jebol. Nah, apa sih penyebab beberapa masalah talang tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Talang Air Hujan Mampet dan Rusak

Penyebab Talang Air Hujan Mampet dan Rusak

Rusaknya sebuah talang air hujan, tentu tidak terlepas dari berbagai penyebab yang mengiringinya. Penyebab kerusakan pun beragam, dan bisa jadi berbeda di setiap rumahnya. Bahkan dari segi pemasangan yang tidak tepat pun bisa membawa masalah pada kondisi talang. Lantas, apa saja penyebab talang air rusak ini?

  • Tersumbat Sampah atau Kotoran

 

Masalah utama dan yang paling sering terjadi pada tersumbatnya talang air adalah kotoran. Tidak hanya talang air hujan, pipa atau saluran air lainnya pun seringkali bermasalah dengan kotoran ini. Biasanya, kotoran atau sampah yang terbawa air bisa saja masuk ke dalam talang. Semakin lama, kotoran dan sampah tersebut akan semakin banyak dan menyebabkan talang tersumbat hingga aliran airnya terhambat.

  • Bagian Talang  yang Sudah Korosi atau Lapuk

Ketika talang air rusak, meskipun sudah diberi waterproofing coating, maka air yang tersimpan di atap akan menggenang dan tidak terbuang ke bawah. Saat dibiarkan, lama-lama air akan merembes dan bisa menyebabkan kebocoran pada bangunan. Hal itu disebabkan oleh ketidakberfungsiannya talang air. Masalah lain yang jadi penyebab kerusakan adalah karena bagian talang yang sudah korosi jika terbuat dari bahan logam. Bisa juga karena lapuk atau bahkan berlubang sehingga bocor.

Tips Atasi Talang Air Hujan yang Bermasalah

 

Tips Atasi Talang Air Hujan yang Bermasalah

Masalah pada talang air ini memang tidak bisa dihindari. Apalagi jika penggunaannya sudah lama dan usisa talang sudah usang. Namun, Anda tetap bisa mengatasi masalah pada talang dengan beberapa tips berikut!

  • Cek Kondisi Talang

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam mengatasi masalah talang, tentunya dengan melakukan pengecekan. Pengecekan ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih jelas apa penyebab dari kondisi talang yang bermasalah tersebut. Ketika masalahnya sudah jelas, maka Anda pun bisa mengambil langkah yang tepat dalam mengatasinya.

  • Keluarkan Material yang Menyumbat

Ketika masalah atau penyebab kerusakan telah jelas, misalnya karena tersumbat sehingga talang mampet, maka cara yang bisa Anda ambil adalah dengan mengeluarkan material yang menyumbat. Cek dari bagian i mulai atap yang sudah dilapisi lapisan waterproofing dak beton atas,  sampai bagian bawah. Jika banyak sampah, atau daun-daun kering yang terbawa, maka bersihkan sampah tersebut sampai tidak terlihat kembali.

  • Semprotkan Air Menggunakan Selang pada Talang

Air tetap mampet meskipun talang sudah dibersihkan? Bisa jadi kotoran masih menyumbat di bagian tengah talang yang tidak terlihat. Untuk mengatasi hal tersebut, ambil selang yang dialiri air. Semprotkan ke dalam saluran talang sampai air benar-benar bisa keluar. Lebih baik lagi Anda menggunakan selang dengan tekanan air yang cukup tinggi.

  • Gunakan Drain Snake atau Auger

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah talang air hujan yang mampet adalah auger. Sering juga disebut sebagai drain snake yang merupakan alat bantu untuk mendorong atau menarik penyumbat talang air. Nantinya, alat ini dilengkapi dengan penggerek yang melengkapinya.

Masalah pada talang air hujan ini memang umum ditemukan masyarakat. Karena kegunaan talang air yang sangat penting, maka penting sekali bagi Anda mengecek secara rutin kondisi talang air agar tidak bermasalah. Dan jika sudah bermasalah, maka coba saja terapkan beberapa tips tersebut agar talang air bisa kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *