Tata Letak Toilet Umum

Tata Letak Toilet Umum Sering Buat Tidak Nyaman? Berikut penjelasannya

Bandung, Jakarta, Yogyakarta adalah sebagian kota-kota yang terkenal banyak ragam tempat wisatanya. Kadang  tempat-tempat wisata atau tempat-tempat umum seperti ini banyak sekali toilet umumnya. Namun siapa sangka harusnya toiltet umum ditata rapih, lokasinya disesuaikan dan dijaga kebersihannya, justru di beberapa tempat pada tahun 2000’an penulis pernah menemukan banyak tolilet umum yang terletaknya dipingir jalan raya dan keamanan yang sangat kurang. misalkan pintunya yang tidak bisa dikunci dan tidak ada atapnya. Namun mungkin saat ini penataan toilet umum telah mengalami perbaikan.

Toilet umum bagi sebagian orang dijadikan bsinis lho. Di Jakarta misalnya tidak sulit kita temukan toilet umum baik yang terfasilitasi dan berbayar maupun tidak berbayar. Misalnya sebagai contoh toilet yang berbayar ada diwisata sejarah Kota Tua. Disini sedikit susah menemukan toilet umum yang benar-benar dekat dengan wisata itu sendiri kurang lebih ada 3 unit yang dekat sini. Dan salah satunyapun penulis pernah mendatanginya, toilet umum tersebut cukup banyak dan kebersihannyapun berkategori cukup namun tempatnya sangat teramat sempit sehingga cukup mengerikan dengan keamanannya. Karena toilet umum tersebut adanya di bawah rumah susun sekitar wisata Kota Tua, tapi masih tetap dapat ditemukan kaca cermin dengan ukuran lumayan.

Penulis juga pernah menemukan beberapa toilet umum yang memang berada di sekitar pemukiman rumah warga. Berbeda dengan toilet umum yang memang sudah difasilitasi oleh lembaga tertentu. Masih sekitar wisata kota tua yaitu ada toilet yang disediakan oleh pihak stasiun KA Jakarta Kota yang memang sangat bersih, memadai dan nyaman. Karena mungkin sudah ada pembiayaaan untuk maintenance si toilet tersebut apalagi terdapat kaca cermin yang bagus, dan tentu harga kaca cermin tersebut memang agak mahal. Jadi wajar toilet  darurat seperti di pinggir jalan atau di  stasiun-stasiun begitu berbeda. Cuma ada baiknya kita atau pemerintah yang akan membangun toilet umum ini memperhatikan lagi beberapa hal yang pantas untuk toilet umum.

Anda Akan Membangun Toilet Umum? Perhatikan Hal Berikut Ini

Bagi siapapun yang akan membangun toilet umum entah dengan niat akan membangun bisnis atau memang ingin sebagai fasilitator tempat wisata, ada baiknya anda perhatikan hal berikut ini.

1. Letak Toilet

Letak toilet jangan sampai berada di pinggir jalan yang terlalu mepet dengan jalan utama, ada baiknya disediakan tempat toilet umum yang strategis dan aman. Ambillah tempat dimana orang mudah untuk menemukannya, walaupun bukan dijalan utama. Padahal ada baiknya juga didekat tempat wisata, namun sekali lagi harus diletakan pada tempat yang strategis.

2. Kebersihan Toilet

Toilet umum merupakan toilet yang memang disediakan untuk pihak umum bagi siapa saja yang akan menggunakan toilet umum tersebut, kebayang dong gimana banyaknya pengguna toilet umum? Maka sudah seharusnya kita selalu menjaga kebersihan toilet umum ini baik si pengguna maupun si pengelola. jangan lupa tambahkan tempat sampah atau kantong plastik ditoilet yang anda sediakan. Hal ini guna mencegah sampah yang berserakan.

3. Saluran Pembuangan

Perhatikan juga saluran pembuangannya kemana, jangan sampai terjadi kebocoran saluran pembuangannya. dikhawatirkan malah tidak ada yang menggunakan toilet ini dan mencemari bau udara lingkungan sekitar.

Baca juga: Kiat-Kiat Dalam Pemilihan Kitchen Set Restaurant Menurut Ahli Interior

4. Sediakan Kaca Cermin

Nah ini dia hal yang cukup penting juga, yaitu sediakan kaca cermin. Meskipun harga kaca cermin agak mahal tetapi setiap yang pergi ke toilet umum pasti bercermin walau kaca cerminnya kecil juga tidak apa-apa lho.jangan lupa beli benda tersebut di tempat jual kaca cermin!

5. Keamanan Toilet Umum

Setelah semua faktor sudah lengkap, keamanan toilet umum juga penting! malah ia punya peran besar di toilet umum.

Nah itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak mengganggu keamanan dan ketertiban umum.. semoga bermanfaat & terimakasih!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *