Tips Memasang LCD TV Pada Dinding

Tips Memasang LCD TV Pada Dinding Dengan Benar Agar Tidak Beresiko Jatuh

LCD TV merupakan produk elektronik yang pasti ada di setiap rumah. Penggunaan LCD TV dibutuhkan sebagai hiburan bersama keluarga untuk menikmati waktu bersama. Untuk menghemat tempat, biasanya LCD TV akan diletakkan pada bagian dinding. LCD TV membutuhkan sumber listrik untuk bisa berfungsi dengan baik. Untuk itu ketika Anda memasang LCD TV maka akan membutuhkan jasa mekanikal elektrikal yang handal. Pemasangan LCD TV di dinding tidak mudah sehingga harus dipasang oleh orang yang berpengalaman.

Tips Memasang LCD TV di Dinding

Bagi Anda yang belum pernah memasangnya sebaiknya menggunakan jasa mekanikal ME saja, karena lebih cepat dan mudah. Anda hanya perlu menunggunya selesai memang tanpa perlu melakukan apapun. Namun jika Anda ingin coba memasangnya sendiri tidak ada salahnya. Berikut beberapa tips memasang LCD TV di dinding.

1. Tentukan tempat pemasangan TV yang diinginkan.

Sebelum memasang LCD TV sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu lokasi terbaik untuk memasangnya. Apakah di kamar, ruang keluarga atau di tempat lain. Anda perlu mempertimbangkan hal ini dengan baik agar LCD TV bisa berfungsi dengan optimal. Hal ini dilakukan terlebih dahulu agar Anda nantinya tidak bingung saat ingin memasangnya.

2. Atur jarak pandang dan tinggi ruangan untuk mendapatkan posisi terbaik.

Pengaturan jarak pandang juga harus diperhitungkan dengan baik. Jangan sampai mata menjadi sakit karena menonton terlalu dekat. Untuk itu jarak LCD TV hingga tempat menonton dan perhatikan juga tinggi atas. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan posisi yang pas, karena jika ketinggian tidak akan enak dan kerendahan juga kurang asik. Untuk itu hal ini harus diperhitungkan dengan baik.

3. Pasang LCD TV dengan menggunakan braket.

Pasang LCD TV dengan menggunakan braket

Untuk memudahkan LCD TV menempel di dinding maka Anda membutuhkan braket sebagai penyangganya. Pada braket terdapat dua bagian yang harus dipasang yaitu untuk dinding dan juga untuk LCD TV. Agar lebih mudah sebaiknya Anda pasang bagian LCD TV terlebih dahulu. Kemudian barulah pasang baut pada bagian dinding untuk braket. Gunakan obeng agar baut terpasang dengan sempurna, karena jika tidak bisa saja LCD TV akan terjatuh.

4. Pasang braket pada bagian dinding.

Hal yang harus diperhitungkan selanjutnya adalah pemasangan braket pada dinding. Agar braket tidak miring, maka sebaiknya Anda mengukurnya dengan menggunakan penggaris. Buatlah tanda pada lokasi yang sudah Anda ukur sebagai patokan. Dengan begitu Anda bisa memasang baut dan braketnya dengan pas dan lurus. Ketika sudah di pasang pastikan kembali bahwa braket sudah kokoh dan lurus.

5. Pasang LCD TV pada braket yang sudah dipasang sebelumnya.

Yang tak kalah pentingnya adalah pemasangan LCD TV pada bagian braket. Sebelumnya Anda sudah memasang braket pada dinding dan juga pada bagian belakang LCD TV. Anda hanya perlu mengaitkan kedua komponen tersebut hingga terpasang dengan benar. Jika sudah terdengar suara, berarti kedua komponen sudah terpasang. Untuk memastikannya cobalah untuk menggesernya. Pastikan komponen terpasang dengan kuat dan tidak akan terlepas.

Itulah beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat ingin memasang LCD TV. Jika Anda memasangnya dengan benar maka LCD TV akan enak dilihat. Penentuan jarak merupakan komponen yang penting karena bisa mempengaruhi kinerja mata. Untuk memudahkan Anda menghitung jarak pandang yang ideal, maka Anda bisa berpacu pada luasnya ruangan yang dipasangi LCD TV. Ukuran LCD TV juga harus disesuaikan dengan besar ruang agar tidak memiliki radiasi yang besar. Dengan begitu Anda dan keluarga akan nyaman saat menonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *