Tips Merancang Kamar Anak

Bagi Yang Ingin Merancang Kamar Anak Perhatikan Tips Berikut!

Anda termasuk orang tua muda yang sedang memikirkan konsep kamar untuk buah hati tercinta? Beberapa orang tua banyak yang sudah melatih sang anak untuk tidur di kamar pribadinya sendiri, namun sebagian lagi memilih untuk tetap membiarkan anaknya tidur bersama kedua orang tuanya. Ada banyak persepsi mengenai hal tersebut. Salah satu keputusan orang tua memberikan kamar tidur pribadi bagi si anak biasanya memang untuk melatih kemandirian anak, dan rasa bertanggung jawab terhadap ruangan pribadi miliknya. Semua persepsi tersebut hendaknya sah saja dilakukan, namun bagi Anda yang tengah merencanakan membuat kamar untuk anak Anda, coba perhatikan beberapa informasi berikut ini lebih dulu.

Memilih Kamar Untuk Anak

Menyediakan kamar untuk anak berarti sama dengan memberinya kebebasan memilih dan menentukan seperti apa ruangan pribadinya tersebut. Kamar yang nyaman tentunya akan membuat seseorang dapat berkembang secara optimal, tidak hanya untuk bermain, tapi juga belajar dan mengembangkan kepribadiannya. Nah, menentukan konsep kamar untuk anak pun sama halnya, Anda hendaknya dapat memberikan kebebasan bagi anak untuk memilih dan menentukan sendiri seperti apa konsep kamar yang ia inginkan termasuk penataan furniture di kamar. Kamar yang ia desain sendiri akan menambah kesan nyaman bagi si pemilik untuk berkreasi secara optimal.

Selain memilih konsep dan penataan barang di kamar anak, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah pencahayaan. Pastikan jika kamar anak Anda memiliki siklus udara alami yang baik dan pencahayaan yang cukup sehingga tidak memerlukan banyak konsumsi listrik di siang hari. Saat ini telah banyak hunian yang mengedepankan banyak bukaan untuk membiarkan siklus udara dapat keluar dan masuk dengan baik dan meminimalisir penggunaan lampu di siang hari. Selain memanfaatkan bukaan pada jendela, pencahayaan pada kamar anak juga dapat diatur dengan penggunaan roller blind atau biasa disebut tirai. Roller blind onna merupakan salah satu jenis tirai modern yang biasa digunakan pada hunian modern minimalis karena bentuknya yang ringkas, dan manfaatnya dapat menghalau atau mengatur pencahayaan alami yang masuk ke dalam kamar. Onna roller blind sebenarnya adalah sebuah merk dagang dari PT. Onna Prima yang menjual beragam jenis tirai modern yang dapat Anda sesuaikan untuk kebutuhan pemakaian.

Hindari barang bersiku dan tajam. Hal ini menjadi penting jika Anda ingin membuatkan kamar terpisah bagi anak Anda yang masih berusia balita, tidak ada salahnya memang. Namun, perhatikan lagi jenis atau pilihan furniture yang hendak digunakan, jangan sampai karena bentuknya lucu dan menggemaskan serta cocok untuk anak, Anda jadi mengesampingkan urusan keselamatan. Ingat! Yang terpenting dari membuatkan kamar untuk anak ialah agar anak nyaman bermain dan mengembangkan diri di kamar tersebut. Jika sudah terlanjur membeli perlengkapan yang memiliki siku atau sudut tajam, Anda bisa membeli perlengkapan tambahan seperti pelindung berbahan karet yang dapat digunakan di sudut yang tajam.

Beberapa informasi diatas tentunya dapat menjadi referensi untuk Anda dalam membuat sebuah hunian kecil untuk buah hati tercinta. Dengan mengajak si kecil berkontribusi dalam memilih dan menata kamar pribadinya, Anda telah membantunya mempelajari arti dari tanggung jawab. Selain itu peran Anda dalam menunjang kebutuhan anak juga harus diperhatikan terlebih dalam memilih perlengkapan yang sesuai kebutuhan, ringkas, efisien, dan mudah dibersihkan, sehingga mengurangi resiko terjangkitnya penyakit bagi buah hati Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *